RSS

Interval (jarak antar nada)


Sebelum anda belajar bermain piano, saya sarankan untuk mempelajari  jarak antar nada atau interval  terlebih dahulu. Dan di postingan saya ini, saya akan membahas mengenai interval pada piano.

 Nah, dalam Tuts piano terdapat dua warna yaitu hitam dan putih. Dalam satu oktaf terdapat
12 tuts yang terdiri dari 7 tuts putih dan 5 tuts hitam. Antara tuts satu ke tuts berikutnya dalam satu oktaf tersebut ada dua macam interval nada, yang disebut:
1.       Tone                      : berjarak satu nada
2.       Semitone            : berjarak setengah nada

Jarak antara tuts putih ke tuts hitam atau sebaliknya menghasilkan ½ nada (semitone). Sedangkan Jarak antara tuts putih ke tuts putih menghasilkan 1 nada (tone), kecuali antara nada E ke nada F, dan nada B ke nada C yang berjarak ½ nada. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini:





Pada gambar di atas terdapat tanda kromatis,
  1. : biasa disebut krues/sharp, ini berarti naik ½ nada. Misalnya C# berarti nada yang dimaksud adalah C tapi dinaikkan ½ nada. Jadi tuts hitam yang berada di tengah nada C dan D disebut C# atau C Krues.
  2. : pada tuts hitam juga terdapat tanda b yang disebut  mol/flat. Tanda ini berarti turun ½ nada. Misalnya Db berarti nada yang dimaksud adalah D yang diturunkan ½ nada. Sehingga tuts hitam yang berada di tengah nada C dan D disebut juga Db atau D mol. Maka tuts tersebut memiliki dua nama (inharmonis)  yaitu C# dan Db.
Tapi, jika dilihat diantara nada E dan F tidak ada tuts hitam. Apakah ini berarti tidak ada nada yang disebut E# atau Fb? Tentu ada. Tadi sudah saya jelaskan bahwa # berarti naik ½ nada, jadi untuk mencari nada E#, E harus dinaikan ½ nada sehingga ketemulah F, maka E#=F.
Begitu juga dengan Fb, b berarti turun ½ nada, jadi untuk mencari Fb, nada F harus diturunkan ½ nada menjadi E. maka Fb=E.

  1. : tanda ini disebut natural, dan tanda natural  sangat jarang digunakan, karena natural berarti nada pada tuts putih itu sendiri.






Sekian dari saya, apabila anda masih bingung mohon tulis komentar. terima kasih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

deswa mengatakan...

terima kasih helpful...

Posting Komentar